Jumat, 15 Januari 2016

Cara Memindahkan Kepemilikan (Owner) Channel Youtube dari Email Non Google ke Google Mail

SURABAYA. Judul diatas saya ambil mengingat baru saja mengalami pengalaman pemindahan Kepemilikan (Owner) Saluran Youtube. Hal tersebut saya lakukan karena untuk mendukung akun Google Adsense yang sedang saya jalani. Mengingat akun yang didukung Google Adsense adalah akun yang akan jadikan tujuan pemindahan kepemilikan Saluran Youtube. Untuk pertama-tama, Kita sebut Email Non Google sebagai Email yang akan dipindah kepemilikannya sebagai Akun A, dan tujuan email yang akan dijadikan tujuan adalah Akun B. Dalam hal ini, dari Akun A saya telah memiliki halaman Google+ (saya sebut Google+ C) sebagai jalur pemindahan kepemilikan.

Berikut saya berikan penjelasan mengenai kronologis alur pemindahan kepemilikan akun tersebut.
  1. Dari Halaman Google+ C saya harus mengangkat seorang manager yaitu Akun A sebagai manajer. Klik icon Google+ anda di pojok kanan atas, maka akan muncul icon setelan berbentuk Gerigi (Gir). Lalu akan berganti window seperti gambar di bawah ini. Pilih Tambah atau Hapus Pengelola.  Lalu pilih tombol Add Manager.
     
  2. Setelah itu Berganti ke window seperti di bawah ini. lalu pilih Add Manager yaitu Akun A (Klik alamat email akun A non gmail sebagai pemilik akun youtube pertama). 
  3. Proses Selanjutnya buka Saluran Youtube dari Akun A. Ulangi seperti Nomer 1 dari setelan (setting) logo gerigi namun menggunakan Akun A. Pilih Advance
  4. Selanjutnya akan berganti ke halaman baru seperti di bawah ini . lalu pilih Move Channel to Google+ Page
  5. Kemudian akan berganti ke halaman baru. lalu pindahkan channel dari Akun A ke halaman Google+ C dimana Akun A sudah menjadi Manajer. lalu pilih Move channel (tombol biru pojok kanan bawah)
  6. Selanjutnya akan ada pertanyaan ulang, ikuti perintah tersebut. pilih kembali move channel
  7. Kemuadian ikuti halaman selanjutnya. pilih OK lalu anda tunggu proses pemindahan. saya sendiri menunggu proses ini sekitar 10 menit dengan jaringan internet yang cukup bagus. 
  8. Untuk proses selanjutnya Dari Sign In di Akun A ulangi proses nomer 1&2. dalam hal ini, pilih add manager kemudian ketikkan alamat email Gmail Akun B yang sebagai tujuan akhirnya akan menjadi Owner dari Saluran Google+ C yang berisi channel youtube yang telah dipindahkan. Untuk selanjutnya buka Email Akun B dan lihat inbox untuk menyetujui tawaran menjadi manajer dari Halaman Google+ C. Status Akun B telah menjadi Manajer dari Halaman Google+ C namun Owner masih Akun A. Setelah disetujui tunggu selama minimal 1 x 24 jam untuk dapat menjadi Owner Halaman Google+ C. 
  9. Setelah 1x24 jam, Lalu dari Halaman Google+ C anda sign in melalui akun A kemudian ulangi kembali proses nomor 1 & 2, kemudian ikuti seperti gambar dibawah ini. Pindahkan Kepemilikan dari Akun A ke Akun B
  10. Proses Selesai. Anda dapat melanjutkan proses Monetize dari akun B yang telah menjadi pemilik Halaman Google+ C
Demikian yang bisa saya sharing dari apa yang telah saya lakukan. Jika ada kekurangan mohon di comment. Semoga bisa berguna bagi pembaca terhormat. Sekian dan Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar